Dieng Culture Festival 2019, Festival Musik Dan Lampion

Ribuan lampion menghiasi langit Dieng Culture Festival 2019, Sabtu (4/8). Kehadiran lampion di kawasan Dieng membuat langit berubah terang. Sekitar 5.500 lampion, semalam dilepas ke udara.

Pelepasan lampion menjadi bagian dari kemeriahan Sky Lantern Festival. Kegiatannya digelar di Lapangan Pandawa, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sky Lantern Festival ini adalah fasilitas buat wisatawan yang membeli tiket terusan Dieng Culture Festival 2019.

Dieng Culture Festival 2019
Dieng Culture Festival 2019

“Wisatawan datang ke Dieng Culture Festival diantaranya karena lampion. Aktivitas ini menarik dan sangat artistik. Suasana menjadi sangat indah oleh ribuan lampion yang diterbangkan,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Sky Lantern Festival dimulai pukul 22.30 WIB. Diawali Senandung Negeri di Atas Awan. Aktivitas ini ditandai dengan penyalaan lampion oleh Bupati Banjarnegara diikuti oleh puluhan ribu massa yang telah berkumpul di Lapangan Pandawa sejak siang. Suasana semakin syahdu saat semua peserta menyanyikan lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Sud dengan sepenuh hati. Dieng Culture Festival 2019 berubah menjadi festival musik dan lampion yang paling dinanti di Indonesia.

MC memberi panduan jelas dari atas panggung agar peserta Sky Lantern Festival mengikuti beragam tahapan prosesi pelepasan lampion secara bersama. Dimulai dari membuka lipatan lampion hingga mengembangkannya dengan udara. Setelah terbuka sempurna dan terisi udara, lampion baru dinyalakan. Setelah siap, para wisatawan pun memanjatkan harapannya.

“Wisatawan bukan hanya menerbangkan lampion. Mereka juga menerbangkan harapannya. Ada banyak harapan yang dimiliki wisatawan, khususnya terkait kesuksesan dalam hidup,” terang Rizki lagi.

Dieng Culture Festival sudah mendapatkan persetujuan dari AirNav maupun Dinas Perhubungan untuk menyelenggarakan Sky Lantern Festival. Meski dijamin tidak akan mengganggu aktivitas penerbangan, namun komunikasi tetap dijalankan. Sebab, aktivitas tersebut biasanya mencakup zonasi dengan radius 2,7 km dan memiliki ketinggian 8.000 feet.

“Sky Lantern Festival menjadi konten yang dinanti. Apalagi, pelaksanaannya dilakukan setelah agenda Senandung Negeri di Atas Awan. Atraksi yang sangat menarik, wajar bila arus wisatawan naik signifikan pada malam ke-2 festival,” kata Ketua Tim Pelaksana CoE Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Beragam aktivitas dinikmati wisatawan sebelum menerbangkan lampion. Mereka bisa menikmati seni budaya Ketoprak Laras Budaya. Lokasinya di Lapangan Arjuna, Dieng Kulon. Venue tersebut hanya terpisah oleh kawasan Candi Arjuna.

Aktivitas menyalakan lampion hingga menerbangkannya menjadi momentum paling ditunggu-tunggu sebagai momen terbaik berfoto. Kegembiraan terlihat jelas dari senyum para wisatawan. Suasana seperti makin manakala wisatawan berhasil menerbangkan. Tidak hanya bersorak, sebagian besar peserta juga berjingkrak gembira.

“Kegembiraan menjadi milik seluruh wisatawan. Sebab, untuk menerbangkan lampion tidaklah sederhana. Harus ada regulasi yang dipenuhi dari stakeholder terkait,” jelas Rizki lagi.

Dieng Culture Festival 2019
Dieng Culture Festival 2019

“Sky Lantern Festival selalu memberikan experience tersendiri. Apalagi, lagi Dieng Culture Festival sangat mendukung. Harus diakui, banyak wisatawan yang menunggu momentum menerbangkan lampion tersebut”, ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.  “Jadi, pastikan datang lagi ke Dieng Culture Festival tahun depan. Sebab, ada banyak experience unik di sana”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *