Siapkan Hadiah 14,5 Juta, Paniradya Kaistimewan Gelar Lomba Foto On The Spot

infoseni.id – Paniradya Kaistimewan akan menggelar pameran fotografi bertajuk “Jogja Istimewa dalam Cerita” di Kafe Sonobudoyo jalan Pangurakan No.6 Yogyakarta.

Pameran “Jogja Istimewa dalam Cerita” akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai Jumat, 25 Oktober 2019 hingga Minggu, 27 Oktober 2019 pada pukul 10:00 WIB – 21:00 WIB.

Sediakan Hadiah 14,5 Juta, Paniradya Kaistimewan Gelar Lomba Foto On The Spot
Sediakan Hadiah 14,5 Juta, Paniradya Kaistimewan Gelar Lomba Foto On The Spot

Pimpinan Paniradya Kaistimewaan Drs. Beny Suharsono, M.Si menyampaikan bahwa keberagaman tidak harus menjadi keseragaman, tapi bisa menjadi keselarasan. Ini direspon oleh  Paniradya Kaistimewan dengan mendesain Pameran Fotografi yang diberi tajuk utama “Jogja Istimewa dalam Cerita”.

Fotografi dipilih Paniradya Kaistimewan sebagai salah satu cara penyebarluasan informasi keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta karena melihat keberagaman latar belakang budaya yang tumbuh di Jogja apabila dibingkai dalam bentuk fotografi, akan menjadi hal yang memiliki nilai jual saat dikemas di media cetak, media elektronik, maupun sosial media.

Fotografi, beberapa tahun terakhir ini, mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak memasuki era revolusi digital. Sebuah foto tidak hanya mampu menggambarkan objek yang ada di dalamnya, akan tetapi sekaligus mampu menyebarluaskan informasi tertentu yang ingin disampaikan.

Paniradya Kaistimewan sendiri menyadari, dari awal kemerdekaan, DIY telah menjadi miniatur bagi keberagaman Indonesia sejak HB IX membuka pintu Jogja selebar-lebarnya agar rakyat Indonesia dari segala penjuru mengenyam pendidikan.

Saat itu, meski penuh keterbatasan, Kraton Jogja membuka banyak ruang agar anak muda bisa bersekolah. Jogja menjadi tempat lahirnya kampus negeri pertama di Indonesia. Sifat orang Jogja yang terbuka terhadap budaya baru berbaur seiring makin banyaknya orang-orang dari daerah lain berdatangan, bersekolah hingga menetap di Jogja.

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, Jogja tumbuh menjadi melting pot bagi banyak budaya, baik nusantara maupun mancanegara. Kehidupan masyarakat Jogja yang istimewa inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

“Sinergi antara pameran fotografi, workshop dan lomba foto ini diharapkan semakin menyebarluaskan informasi tentang keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta ke lingkup lebih luas”, ujar Beny dalam rilis resmi Paniradya Kaistimewan. “Tidak main-main, kami menyiapkan hadiah sebesar 14,5 juta bagi peserta lomba foto”.

Sediakan Hadiah 14,5 Juta, Paniradya Kaistimewan Gelar Lomba Foto On The Spot
Sediakan Hadiah 14,5 Juta, Paniradya Kaistimewan Gelar Lomba Foto On The Spot

Pameran Fotografi akan dikemas berbarengan dengan Workshop Fotografi: Bincang Foto The Best Shot bersama Giri Wija dan Lomba Foto On The Spot dengan judul “Membingkai Jogja Istimewa”.

Lomba Foto On The Spot dengan judul “Membingkai Jogja Istimewa” berhadiah total sebesar Rp14.500.000 dengan rincian hadiah Juara I sebesar Rp5.000.000, Juara II sebesar Rp3.500.000, Juara III sebesar Rp2.250.000, Juara Harapan I sebesar Rp1.500.000, Juara Harapan II sebesar Rp1.250.000 dan Juara Harapan III sebesar Rp1.000.000.

Peserta Lomba Foto On The Spot dapat mengikuti lomba ini dengan daftar online di bit.ly/lombafotojogja dan wajib hadir untuk registrasi ulang pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 pukul 11.00 – 12.00 WIB di halaman Museum Sonobudoyo.

Sedangkan Bincang Foto The Best Shot bersama Giri Wija akan berlangsung pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB di Kafe Sonobudoyo, Yogyakarta. Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.