Hari Ini, Pasar Keroncong 2019 Digelar Kembali

infoseni.id – Pasar Keroncong Kotagede kembali digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2019 di Kawasan Cagar Budaya Kotagede Yogyakarta.

“Keroncong saat ini sudah banyak variasinya meski pakemnya masih ada dan harus dipertahankan sehingga dapat menarik minat para anak muda. Jadi betul-betul keroncong ini tidak akan pernah mati”, ungkap Kepala Bidang Industri Pariwisata DIY Rose Sutikno dalam jumpa pers, Rabu (16/10) siang, di Omah Dhuwur Resto Yogyakarta.

kronc

 

Sejarah Keroncong Kotagede sendiri dimulai sejak tahun 2000 dengan Festival Keroncong Kotagede. Tahun 2008 M. Natsir selaku penggagas Pasar Keroncong Kotagede ingin membuat musik keroncong agar dapat dipentaskan seperti Ngayogjazz. Baru pada tahun 2015 Keroncong Kotagede lahir dari M. Natsir bersama kawan-kawan dengan niat mulia melestarikan musik keroncong.

Melihat potensi yang ada, M. Natsir bersama masyarakat mengembangkan keroncong menjadi seni pertunjukan yang menginspirasi khalayak luas. Karena selama ini keroncong dianggap sebagai musik ecek-ecek, hanya dipentaskan di acara-acara kecil atau semacamnya. Oleh sebab itu mereka mengemas keroncong sedemikian rupa agar diminati para kaum muda.

M. Natsir menjelaskan bahwa Pasar Keroncong Kotagede mencoba tidak hanya membuat tontonan yang tidak hanya asal menonton. Harapannya masyarakat ikut menjadi pencatat sejarah atas perkembangan musik keroncong dengan foto dan video yang di-share di media sosial.

Pasar Keroncong Kotagede diharapkan menjadi ruang komunikasi publik. Membangun kembali komunikasi sosial dengan menonton dan wedangan agar tercipta kedamaian antar sesama.

“Kami harap dapat membangun komunikasi sosial agar tidak mudah tercipta hoax, isu negative, tidak mudah di adu domba. Dengan adanya Pasar Keroncong Kotagede kita nonton bersama wedangan bersama sehingga sedikit membangun perdamaian dunia”, tutur M. Natsir.

Pasar Keroncong Kotagede didukung oleh Dinas Pariwisata DIY menjadi wadah atau bengkel keroncong di Jogja. Menurut Rose banyak wisatawan mancanegara yang juga datang ke bengkel keroncong untuk belajar keroncong dan mengenalkan lagi keroncong ke negaranya.

Kotagede termasuk yang membidangi keroncong dari zaman dulu hingga sekarang, ada banyak sekali grup keroncong. Hanya saja kendala yang dihadapi saat ini adalah kurangnya vokalis dan beberapa pemain di garda depan.

Rose berharap, Kotagede menjadi bengkel keroncong yang ada di Indonesia sehingga musisi keroncong dari berbagai daerah dapat belajar di Jogja dan melahirkan banyak musisi keroncong masa depan.

Tahun ini menjadi tahun pertama Pasar Keroncong Kotagede tidak mendirikan panggung di depan Pasar Kotagede dikarenakan sedang ada perbaikan jalan. Namun, Pasar Keroncong Kotagede tetap seperti biasanya dengan 3 panggung.

Panggung pertama ada di Panggung Sopingen, lalu Panggung Kajengan dan Panggung Kudusan. Semua panggung ini berada di arah barat daya Pasar Kotagede. Kawan-kawan yang ingin menyaksikan lebih baik masuk lewat dari arah jalan Tegal Gendu Yogyakarta.

Pengisi acara untuk Pasar Keroncong Kotagede 2019 ini paling jauh berasal dari Semarang yaitu Svarama. Selain itu ada Keroncong Muda Kekinian dari Salatiga, OK Zigma dari Solo, OK Serenade dari Klaten, OK X-Bening, Sri Redjeki dan masih banyak lainnya. Kemudian ada kolaborasi dengan Brian Prasetyoadhi atau Brian Jikustik.

Pasar Keroncong Kotagede 2019 bertemakan “Keroncong Tak Kunjung Padam”. Ini berarti meskipun sudah 5 kali diadakan musik keroncong tetap hidup dan selalu muda. Sebenarnya usia keroncong Kotagede ini beriringan dengan usia kemerdekaan Indonesia. Meski menua namun selalu membawa semangat muda dalam pelestariannya.

Dengan adanya Pasar Keroncong Kotagede 2019 ini ekonomi masyarakat dan pariwisata juga dapat meningkat. Karena para wisatawan yang datang pasti akan menyediakan waktu lebih lama untuk tinggal, homestay sekitar akan penuh. Sebenarnya Pasar Keroncong Kotagede ini juga menjual kawasan cagar budaya di Kotagede karena tiga panggung yang ada akan membuat pengunjung mengelilingi kawasan Kotagede dan dapat berfoto di spot-spot yang epik.

Berikut ini jadwal performer dan denah panggung Pasar Keroncong Kotagede 2019:

Pasar Keroncong Kotagede Hadir Lagi! Ini Jadwal dan Denah Panggung
Pasar Keroncong Kotagede Hadir Lagi! Ini Jadwal dan Denah Panggung
Pasar Keroncong Kotagede Hadir Lagi! Ini Jadwal dan Denah Panggung
Pasar Keroncong Kotagede Hadir Lagi! Ini Jadwal dan Denah Panggung
Pasar Keroncong Kotagede Hadir Lagi! Ini Jadwal dan Denah Panggung
Hari Ini, Pasar Keroncong 2019 Digelar Kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *