8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

infoseni.id – Perhelatan Balkonjazz Festival 2019 berlangsung begitu meriah Sabtu (14/9/2019) di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang.

Diperkirakan lebih dari 8.000 pengunjung memenuhi area di sekitar balkondes Tuksongo semalam. Pengunjung Balkonjazz Festival 2019 tidak hanya datang dari Magelang, Jogja, Boyolali, Purworejo, Ungaran, Semarang, Temanggung, Salatiga dan sekitarnya. Bahkan wisatawan mancanegara pun nampak lalu-lalang diantara ribuan penonton.

8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019
8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

“Saya datang ke festival ini khusus untuk menonton Frau”, ujar Rafly, salah satu pengunjung Balkonjazz Festival 2019 kepada Info Seni. “Frau sudah lama tidak tampil di atas panggung karena tinggal di Jerman. Begitu tau hari ini Frau manggung, saya langsung datang ke sini buat nonton dia”.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah memaparkan bahwa sesuai arahan dari Presiden dan Kementerian BUMN, kawasan Borobudur harus dibantu sebagai suatu destinasi unggulan di Indonesia selain Bali.

“Selama ini penanganannya terpusat kepada candi. Sekarang pemerintah ingin bagaimana atraksinya tidak hanya candi, namun juga yang lainnya. Balkonjazz Festival bersama Balkondes adalah salah satu hal yang mampu membuat apa yang ada di sini menjadi lebih komplit secara kepariwisataan” ungkap Edwin.

Baca juga: Balkonjazz Festival 2019 Siap Dihelat di Tuksongo Borobudur

8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019
8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso melanjutkan, gelaran Balkonjazz Festival 2019 menjadi momen memperkenalkan banyak potensi yang dimiliki kawasan candi Borobudur, sekaligus mendistribusikan produk-produk yang telah mereka hasilkan kepada khalayak yang lebih luas.

“Masyarakat sekitar sini (Balkonjazz Festival 2019) merasa begitu senang akan adanya festival ini di tengah-tengah mereka. Apa yang terjadi pada hari ini pasti akan menjadi pembelajaran bagi kami untuk membuat sesuatu yang lebih meriah lagi pada kesempatan selanjutnya. Selain itu, banyak sekali pengunjung yang datang ke sini menikmati secara langsung berbagai fasilitas yang disajikan oleh Balkondes. Hari ini, seluruh kamar yang ada di seluruh Balkondes sold out”, tutur Jatmika.

8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019
8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

Inisiator dan Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo menambahkan, senada dengan yang diutarakan oleh Jatmika, festival ini telah menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi semua orang yang hadir di sini.

Bagi Bakkar, yang menarik adalah antusias pengunjung terhadap produk-produk yang disajikan para pengisi tenant Pasar Balkon Tuksongo laris manis. “Ini merupakan salah satu capaian yang berhasil diraih dalam penyelenggaraan Balkonjazz Festival pada tahun ini”, katanya dengan antusias.

“Mudah-mudahan goal yang ingin kami capai bisa tercapai pada hari ini. Dan bagi saya, seramai-ramainya pengunjung yang hadir di sini jika dagangan dari para pengisi tenant tidak laku itu akan menjadi percuma. Alhamdulillah sejak sore tadi sampai malam ini dagangan dari para pengisi tenant laku banget,” jelas Bakkar.

Kesenian tradisional lokal membuka perhelatan BalkonJazz Festival 2019 dengan meriah.  Berkolaborasi dengan kelompok penari dari kecamatan Borobudur, Balkonjazz Festival mengajak pengunjung melakukan flash mob menarikan Kirana Kinari.

Setelah itu, barulah panggung pertunjukan Balkonjazz Festival 2019 dimeriahkan oleh penampilan dari Tiga Sisi, Frau, Nosstress, Langit Sore, Tashoora, Dialog Dini Hari, Payung Teduh, Rio Febrian dan puncaknya: Yura Yunita.

8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019
8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

Sasi Kirono, Gitaris Tashoora mengungkapkan Balkonjazz Festival baginya telah menjadi sebuah festival musik yang sangat menyenangkan. Walau Balkonjazz Festival diselenggarakan di tempat yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, namun semua area dipenuhi oleh para pengunjung yang memberikan apresiasi yang sangat besar.

Sasi menambahkan Balkonjazz Festival menjadi pionir bagi penyelenggara festival musik lainnya dan berharap festival lain belajar dari Balkonjazz. “Festival ini sangat luar biasa bagi kami. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu tempat ini, tapi banyak sekali pengunjung yang datang ke sini”, tambah Sasi.

“Semoga setelah ini akan lebih banyak lagi festival musik yang diselenggarakan di tempat-tempat yang lebih unpredictable yang bisa di eksplor bersama banyak potensinya”, pungkas Sasi.

Baca juga artikel terkait Balkonjazz Festival.

2 thoughts on “8000 Penonton Padati Balkonjazz Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *